Menara Berkilau Tertinggi di Dunia yang Menjulang dari Bumi ke Langit.

by admin

5 months ago

1,197

views

Gedung rancangan Adrian Smith ini dibangun tahun 2004 dan resmi dibuka pada tahun 2010. Saat ini Burj Khalifa memegang rekor sebagai gedung tertinggi di dunia dengan ketinggian 828 meter, yaitu kira-kira tiga kali tinggi menara Eiffel dan dua kali tinggi Empire State Building.

Selain menjadi daya tarik wisata dan landmark kebanggaan Dubai, Burj Khalifa juga berfungsi sebagai hotel, apartemen, kantor dan restoran tertinggi di dunia yang terletak di lantai 122 (442 meter) bernama At.mosphere. Bentuk bangunan Burj Khalifa terinspirasi dari bentuk bunga Hymenocallis (Spider Lily) dengan struktur bangunan yang menjulang dari basis berbentuk huruf Y.

Burj Khalifa memiliki 163 lantai dan 57 lift yang mampu bergerak dalam kecepatan 10 meter/detik. Terdapat 2 lantai observasi di mana wisatawan dapat melihat pemandangan Dubai dari atas yaitu pada lantai 124 (ketinggian 452 meter) dan lantai 148 (555 meter). Pengunjung bisa memilih satu dari 160 kamar hotel dengan tarif berkisar 7,5 – 187 juta Rupiah semalam, atau jika ingin lebih “hemat” beli saja satu dari 900 unit apartemen yang tersedia.

Sebelum bernama Burj Khalifa, gedung ini bernama Burj Dubai. Penggantian nama gedung adalah bentuk penghormatan kepada Sheikh Khalifa Bin Zayed Al Nahyan dari Abu Dhabi yang telah meminjamkan 10 milyar dolar Amerika kepada Dubai ketika terjadi krisis ekonomi global di tahun 2007-2012.

Berikut beberapa fakta unik tentang Burj Khalifa:
 

  • Total beton yang digunakan untuk membangun Burj Khalifa setara dengan berat 100.000 ekor gajah.
  • Apabila seluruh batang beton yang digunakan untuk membangun Burj Khalifa dijejerkan, maka akan membentang sejauh ¼ lingkaran bumi.
  • Kebutuhan listrik Burj Khalifa setara dengan listrik yang diperlukan untuk menyalakan 360.000 lampu 100 watt secara bersamaan.
  • Apabila hasil kondensasi dari seluruh AC yang beroperasi di Burj Khalifa dikumpulkan selama setahun, maka jumlahnya mampu mengisi 20 kolam renang berukuran olimpiade (50 x 25  x 3 meter) dan kerennya, jumlah air sebanyak ini dikumpulkan secara ramah lingkungan dan didaur ulang.


Disadur dari berbagai sumber.

RELATED NEWS